Tuesday, July 9, 2013

Tips Membersihkan Kain Felt atau Produk dari Kain Felt

Tips Membersihkan Kain Felt atau Produk dari Kain Felt

Felt adalah bahan serbaguna, sempurna sebagai bahan kerajinan atau pakaian. tapi felt juga kadang menyulitkan ketika kotor. Dengan perawatan yang benar, benda atau pakaian yang terbuat dari felt akan awet. Cara terbaik adalah dengan metode dry cleaning, tetapi jika tidak ada, dua cara di bawah ini bisa menjadi alternatif:
Menggunakan mesin cuci
Set mesin cuci ke Gentle/Soft mode. Gunakan air dingin secukupnya. terlalu banyak air akan mengubah bentuk bahan pada saat mencuci. Tambahkan deterjen dan pelembut pakaian/kain. Lalu cuci. Lama mencuci tergantung banyak sedikitnya kotoran pada felt dan jenis benda yang dicuci (pakaian atau aksesoris). Jangan gunakan pengering pada mesin cuci. Dianjurkan untuk diangin-anginkan saja.
Mencuci dengan tangan
Tentu saja cara paling aman adalah mencuci dengan tangan. Mulailah dengan merendam felt ke dalan campuran air dingin dan deterjen. Untuk menghilangkan bau dan noda, oleskan jeruk lemon pada bagian yang kotor dan berbau. Setelah direndam beberapa menit, gunakan jari untuk memijat-mijat kain atau bisa gunakan sikat gigi dengan bulu sikatyang sangat lembut untuk menghilangkan noda. Setelah selesai, peras dengan lembut agar air terbuang, atau bisa diperas atau ditekan dengan melapisi handuk jika benda yang dicuci kecil seperti ikat rambut. Terakhir, angin-anginkan.
Catatan:
Dengan mesin cuci maupun tangan, lakukan pencucian dengan hati-hati karena felt adalah bahan yang sangat sensitif. Hal terpenting adalah untuk TIDAK menggunakan air panas atau hangat untuk mencuci karena akan membuat bahan felt atau benda yang dicuci menyusut. Jadi, selama cara pencucian dilakukan dengan lembut dan hati-hati, felt akan awet.
Disadur dari: eHow.com & doityourself.com

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites